ROM HaSa MIUI 2.9.29



HaSa MIUI adalah ROM hasil modifikasi dari MIUI basis dari Android 4.0.4 khusus untuk HH XM,XMP,LWW. MIUI Sendiri adalah Android hasil modifikasi dari China. Anda bisa cek website resminya di SINI

Setelah saya buka situs resminya dan menonton video teasernya saya tertarik untuk mencoba ROM ini. dan Review kali ini adalah untuk HaSa MIUI 2.9.29 (4.1.B.0.587) [locked/unlocked BL] yang saya download dari SINI



Instalasi
Untuk menginstall ROM ini, seperti halnya menginstall RealICS, Android kita sudah diupdate ke 587. Saya sendiri sebelumnya memakai RealICS R6, langsung flash ke MIUI tidak ada masalah. Untuk langkah-langkahnya bisa di baca di link forum di atas.

  1. Boot ke CWM
  2. Lakukan Full Wipe/Factory Reset
  3. Wipe Cache
  4. Format System (bisa diakses melalui Mount & Storage>Format /System)
  5. Wipe Dalvik Cache (bisa diakses di menu Advance)
  6. Baru Install zip from SDCard, pilih ROM MIUI yang sudah anda download.
  7. Selanjutnya anda akan masuk ke Aroma Installer, pilih opsi-opsinya sesuai kehendak anda.
  8. Reboot.

User Interface
Tampilan MIUI bisa saya katakan mirip dengan GoLauncher, Launcher yang juga buatan China. Dan yang mungkin membuat bingung anda adalah, Anda tidak akan menemukan menu/App Drawer.
Aplikasi-aplikasi yang anda install akan ditempatkan di homescreen, jadi semakin banyak aplikasi yang anda install, semakin banyak pula homescreennya :). berikut screenshot dari aplikasi standar, seperi phone, message, contact dll.

Keyboard
Pertamakali anda install MIUI, keyboard sentuh tidak akan berjalan, kita harus mengaturnya untuk menggunakan XPERIA Keyboard. Caranya bisa anda lakukan dengan masuk ke menu Settings, Language & Input.
Pada keyboard Fisik, anda tidak bisa menggunakan tombol Sym dan Globe (untuk merubaha Bahasa keyboard).

Landscape Messaging
Ketika anda menuliskan pesan/SMS dan bermaksud menggunakan Keyboard Fisik, maka tampilan Messaging/SMS tidak akan berubah menjadi Landscape Mode. Anda harus menginstall Fixnya yang bisa di download di http://forum.xda-developers.com/attachment.php?attachmentid=1353816&d=1348586996 . Installnya via CWM ya :)

Fitur/Aplikasi Bawaan
MIUI memiliki beberapa aplikasi tambahan dan Aplikasi Security/Keamanan bawaan.

Tema & Efek
Efek yang disertakan cukup banyak, mengingat HaSa MIUI ini adalah hasil modifikasi jadi ada beberapa efek/fitur yang dibuang untuk kepentingan performa di HH kita.
Jangan tanya kenapa bahasanya China yah. :)

Performa
Untuk performa, saya rasa sama saja dengan ROM mod ICS lainnya, seperti Real ICS. Perpindahan antar homescreen lancar, tanpa ada lag. Untuk Game Casual pun bisa dijalankan dengan lancar.

Sampai saat ini saya tidak menemukan bug yang mengganggu dari HaSa MIUI ini, semua berjalan lancar seperti LED, Wifi, Data, Auto Rotate, Backlit Keyboard, dan lainnya.

Untuk masalah Battery, mengingat XMP ini cukup boros (mau gimana lagi, kalau HP Smart butuh tenaga yang Smart pula) saya belum bisa menyimpulkan apakah MIUI bisa menghemat battery atau tidak karena saya baru menginstallnya beberapa jam yang lalu. tapi saya rasa sih bakal sama dengan realICS.

Kesimpulan

Pertama kali install MIUI, saya merasa baru beli HH baru karena tampilannya yang berbeda dan tidak ada App Drawer seperti biasanya. Ada juga beberapa Setting yang disembunyikan/disertakan pada setting lainnya sehingga saya kebingungan untuk mengatur setting yang biasanya saya lakukan.

Comments