Sejarah Awal Mula Game MOBA - Part 1

sumber : ggwp.id

Halo Bro.. .

Pernahkah kalian berfikir kalau bagaimana game dengan genre MOBA yang saat ini kalian kenal baik di perangkat mobile maupun PC?

MOBA sendiri adalah salah satu genre game yang sedang di gandrungi saat ini terutama untuk perangkat mobile baik di Android atau IOS.

Tapi sebelum kita bahas tentang sejarah game MOBA, kalian harus tau apa itu MOBA?
MOBA merupakan kepanjangan dari Multiplayer Online Battle Arena, atau dapat diartikan pertempuran dalam suatu arena tertentu yang dilakukan secara Online. Mungkin sebagian dari kalian merasa aneh dengan istilah MOBA ini setelah mengetahui kepanjangannya. Tetapi itu sebenarnya hal yang wajar, karena memang sampai saat "MOBA" sendiri masih menjadi perdebatan oleh beberapa orang. Akan tetapi saya tidak akan membahas masalah ini di dini, dan akan saya buatkan tersendiri masalah tersebut (walau nanti akan sedikit saya singgung disini juag wkwkwkwk).

Oke setelah kalian tahu apa itu MOBA sebenarnya, langsung saja akan saya bahas tentang sejarah Game MOBA iru sendiri.

Bila kita membicarakan sejarah game MOBA tidak afdol jika tidak mebicarakan tentang cikal bakal dari game MOBA tentunya. Jika kita lihat jauh ke belakang, sejarah game MOBA berawal dari game dengan genre RTS (Real Time Strategy) yang seng sebenarnya sudah dimulai sebelum tahun 90-an. Dan salah satu “bapak” dari game RTS sendiri adalah Herzog Zwei yang diluncurkan pada tahun 1989 untuk console Sega.
Herzog Zwei. Sumber: youtube.com

Game Herzog Zwei sebenarnya sudah memiliki beberapa unsur MOBA seperti : Player memainkan sebuah unit dengan tujuan menghancurkan markas musuh dengan dibantu beberapa unit yang dikontrol oleh AI (Artificial Intelligence).
Perkembangan game MOBA terjadi setelah sembilan tahun Herzog Zwei, dimana game Future Cop: LAPD dirilis untuk Sony Playstation pada tahun 1998. Jika dibandingkan Herzog Zwei, game ini sudah menggunaan Maps yang simetris, dan unit yang dijalkankan pemain sudah memiliki berbagai kemampuan berbeda, juga ada fitur untuk mengumpulkan berbagai power ups dan objektif dari Maps.
Future Cop: LAPD. Sumber: 4bp.blogspot

Di waktu yang hampir bersamaan, Blizzard juga meluncurkan satu game RTS paling populer di masanya, yaitu Starcraft untuk PC. Seorang player dengan nama  Aeon64 menciptakan Aeon of Strife. Inilah yang pertama kali memperkenalkan sistem lane berbeda. Aeon of Strife dianggap sebagai cikal bakal game MOBA modern yang kalian kenal saat ini.


Aeon of Strife. Sumber: mmos.com

Selanjutnya pada tahun 2002 Warcraft III: Reign of Chaos rilis dan menjadi sejarah dalam game MOBA. Dengan berbekal Warcraft III World Editor, Eul menciptakan Custom Maps yang mengacu pada Aeon of Strife. Maps ini selanjutnya di beri nama Defense of The Ancient atau biasa di kenal dengan DOTA.
Berkat kepopuleran DOTA saat saat itu banyak para modder (pencipta custom game dan map) membuat berbagai custom map Warcraft III serupa yang mengacu pada maps besutan Eul.
Dota versi Eul. Sumber: postimg.org

Pada tahun 2003 Warcraft III: Frozen Throne grilis, dan seorang modder bernama Meian mencoba menyatukan semua unsur DOTA yang pernah dibuat pada periode 2002 (termasuk hero dan maps) dan selanjutnya di beri nama DOTA Allstars.
DOTA Allstars pun menjadi sangat populer pada masanya. Disaat itu seorang tokoh penting dalam sejarah game MOBA, yaitu Steave Guinsoo Feak atau Guinsoo yang saat itu berkomitmen mengembangkan DOTA Allstars dengan cara menciptakan berbagai hero baru dan juga peningkatan permainan.
Kepopuler DOTA Allstars terus meningkat bahkan setelah setelah sepeninggalan Guinsoo dan di gantikan oleh IceFrog. Pada era IceFrogDOTA Allstars sudah di mainkan lebih dari 1juta player setiap harinya.

Di tengah kepopuleran DOTA Allstars munculah masalah yang fatal, para modder dan juga IceFrog juga manyadari hal itu. Masalah fatalnya yaitu game tersebut diciptakan menggunakan gameengine Warcraft III yang telah ketinggalan jaman. Selanjutnya dari sejarah MOBA adalah masa stand alone MOBA, atau game MOBA yang berdiri sendiri dan bukan merupakan custom game atau custom map dari game apapun.

Era Stand alone MOBA dipelopori oleh Demigod yang rilis pada tahun 2008. Dengan grafis yang lebih baik dan fitur yang lebih mumpuni. Akan tetapi Demigod gagal karena game ini tidaklah geratis melainkan para pemain harus membeli game tersebut untuk dapat memainkannya! Unsur yang paling dihindari dari genre MOBA modern seperti saat ini.

Demigod, Sumber : Steam

Tahun 2009, Guinsoo salah satu pengembang DOTA Allstars menciptakan League of Legends (LoL) bersama Riot Games. Ia jugalah yang pertama kali mencetuskan istilah MOBA dan mempopulerkannya. Karena gratis, para pemain dengan cepat beralih memainkan LoL dan meninggalkan DOTA Allstars.
LoL old version, Sumber : imgur

Perkembangan game MOBA semakin menjadi setelah kehadiran LoL, seperti S2 Games dengan Heroes of Newerth (HoN) dan Valve yang menggaet IceFrog untuk menciptakan Dota 2. Tidak ketinggalan Hi-Rez Studio menciptakan SMITE dan Blizzard yang menciptakan Heroes of The Storm (HoTS).
Gaben dan pendapatnya, Sumber : kotaku.com

Dari sinilah perdebatan genre game MOBA yang sudah saya singgung di atas. Banyak yang menolak istilah MOBA sebagai genre game ini, seperti Blizzard dengan HoTS miliknya, yang menolak menggunakan istilah MOBA dan memilih istilah "Hero Brawler" sebagai genre gamenya. Selain itu ada juga istilah ARTS (Action Real Time Strategy) yang di gunakan oleh DOTA 2. ARTS sempat digadang-gadang oleh beberapa pihak lebih pantas dari pada MOBA. Istilah MOBA sendiri dianggap terlalu dangkal, karena diasumkan seluruh game online yang dimainkan dalam suatu arena akan disebut MOBA, sebut saja bermain Counter Strike secara online akan membuatnya menjadi MOBA karena semua unsur dari istilah MOBA terpenuhi. Walaupun begitu istilah MOBA sendiri lebih familiar di kalangan player Indonesia khususnya.
Menurut kalian gimana?
Lebiih cocok yang mana?
atau kalian punya istilah sendiri?

terlepas dari itu semua, meurut saya game ini memiliki poin utama (menurut versi saya pribai), antara lain :

  1. setiap player mengendalikan 1 karakter kuat yang memiliki kemampuan yang berbeda beda,
  2. player harus menghancurkan suatu bangunan tertentu untuk mencapai kemenanga dalam game,
  3.  pertempuran harus terjadi di dalam suatu arena.
Oke mungkin sekian saja untuk kali ini semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita bersama.
untuk game moba di android akan saya tulis di part 2 dari postingan ini.
dan untuk masalah istilah moba akan saya bahasa di postiongan berikutnya juga.



Sampai jumpa di pembahsan selanjutnya
saya yuricka undur diri

terimakasih

Comments